KOMUNIKASI PEMASARAN
Kotler dan Keller (2012:498)
menyatakan bahwa Komunikasi pemasaran adalah sarana yang digunakan perusahaan
dalam upaya untuk menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen baik
secara langsung maupun tidak langsung tentang produk dan merek yang mereka jual.
Dan Komunikasi Pemsaran juga
merupakan bentuk komunikasi yang bertujuan untuk memperkuat strategi pemasaran,
guna meraih segmen pasar yang lebih luas. Perusahaan menggunakan berbagai
bentuk komunikasi pemasaran untuk mempromosikan apa yang mereka tawarkan dan
mencapai tujuan finansial. Promosi merupakan salah satu cara perusahaan
melakukan komunikasi melalui pesan-pesan yang didesain untuk menstimulasi terjadinya
kesadaran, ketertarikan , dan berakhir dengan tindakan pembelian yang dilakukan oleh pelanggan terhadap produk atau
jasa perusahaan. Perusahaan biasanya menggunakan iklan, promosi penjualan, pengerahan
tenaga-tenaga penjualan, dan public relations sebagai alat penyampaian pesan-pesan
tersebut dengan tujuan untuk dapat menarik perhatian dan minat masyarakat.
Kegiatan pemasaran yang melibatkan aktivitas
komunikasi dalam Industri Grafika meliputi
iklan, papan nama toko, display ditempat
pembelian, kemasan produk, direct-mail, sampel produk gratis, kupon,
publisitas, menyakinkan klien untuk berkontark bersama kita dan alat-alat
komunikasi lainnya. Secara keseluruhan aktivitas-aktivitas yang disebutkan di
atas merupakan pengaplikasian komunikasi pemasaran dalam dunia Industri Grafika.
Semoga bermanfaat... kawan-kawan
#POLITEKNIK NEGERI JAKARTA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar