Marketing adalah topik bisnis yang
menyenangkan, karena bahkan jika Anda tidak berniat untuk mengambil pelajaran utama
dalam pemasaran, sedikitnya mengetahui tentang hal itu dapat membantu Anda
menjadi lebih banyak informasi dan konsumen . dan itu sangat penting untuk
memahami bahwa marketing bukanlah hanya menjual atau iklan. Marketing adalah
sebuah proses dari perencanaan dan pelaksanaan sebuah konsep, penetapan harga,
promosi, dan distribusi baik barang dan jasa untuk memfasilitasi pertukaran
individual dan organisasi.
Marketing tidak dapat terjadi tanpa menyenangkan seseorang
pelanggan karena tidak ada yang akan berada dalam bisnis tanpa mereka ! manajemen
marketing mengarahkan pada proses
mengawasi semua aspek pemasaran produk atau jasa tertentu untuk tujuan menarik
dan mempertahankan pelanggan. Adapun dasar/unsur marketing terbagi menjadi 4
faktor, dan 4 faktor tersebut bisa disebut dengan 4 Ps, karena agar mudah di
ingat dan diterapkan dalam berbisnis adapun
4 Ps tersebut adalah:
1.
Product (Produk)
2.
Price ( harga)
3.
Place ( Tempat)
4.
Promotion ( Promosi )
Adapun bahasan dari marketing product di
antaranya:
·
Total penawaran
produk
·
Riset pasar
·
Diferensiasi produk
·
Kemasan
·
Branding
·
Proses pengembangan
produk
Bahasan dari marketing Price di
antaranya:
· Mencapai target atas investasi atau keuntungan
· Membangun lalu lintas/ link
· Mencapai saham pasar yang lebih besar
· Menciptakan sebuah image
· Memajukan tujuan social
Bahasan dari marketing Place di
antaranya:
· Pedagang grosir
· Agen dan makelar
· Perantara pedagang
eceran
Bahasan dari marketing Promotion di
antaranya:
·
Periklanan
·
Penjualan pribadi
· Hubungan masyarakat
·
Promosi penjualan
· Jenis lain dari
promosi
Alhamdulillah semoga bermanfaat teman-teman
Referensi:
Buku Karya Laura Portolese Dias & Amit J. Shah dengan
judul buku “INTRODUCTION TO BUSINESS”
#TeknikPemasaran/PoliteknikNegeriJakarta/TeknikGrafika&Penerbitan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar